Home Budha Pelajari Semua Agama, Rhonda Cowell Akhirnya Pilih Islam

Pelajari Semua Agama, Rhonda Cowell Akhirnya Pilih Islam

28644
0
SHARE

Pelajari Semua Agama, Rhonda Cowell Akhirnya Pilih IslamKisahmuallaf.com – Semasa remaja, pemilik nama lengkap Rhonda Cowell-Bari ini punya beberapa pengalaman yang agak menakutkan. Hal serupa barangkali juga kerap menimpa tak sedikit orang seusianya.

Saat itu dia berumur sekitar 12 tahun. Rhonda berada di titik nadir dan kehampaaan dalam hidupnya. Ia sadar kondisi sekelilingnya tapi dia merasa seperti berada di tempat lain.

Perempuan kelahiran utara Wellington, Selandia Baru, itu terus ditarik masuk ke “dunia lain” tersebut. Rhonda tidak dapat kembali. Dia juga tidak bisa berteriak minta tolong. Perempuan itu hanya bisa menangis. “Ya Tuhan, bantu saya!”

Semenjak sering mengalami peristiwa itu, dia meyakini adanya kekuatan yang lebih besar di luar dirinya. Atmosfer keagamaan Cowell-Bari yang menaunginya begitu kental sejak kecil tak mampu membendung arus itu.

Anak bungsu dari lima bersaudara ini lahir dari keluarga besar penganut Kristen. Seperti kebiasaan keluarga Kristen pada umumnya, ia terbiasa bangun pa gi-pagi tiap akhir pekan. Bersama kakak- kakaknya, mereka pergi ke sekolah Minggu kendati orang tuanya tidak memberi keteladanan.

Lima bersaudara itu pergi ke sekolah Minggu, sementara ibu dan ayahnya tidur di rumah. “Saya berharap saudara-saudara saya tidak keberatan kalau saya mengatakan ini. Kami memanfaatkan sekolah Minggu untuk mencari uang sedekah, kemudian menggunakannya untuk jalan-jalan dan bermain di kolam renang,” aku Cowell- Bari, seperti dikutip dari onislam.net.

Rhonda memiliki pendidikan cukup baik. Ia berada di kelompok paduan suara sekolah. Ia juga telah dibaptis– suatu hal yang dulunya dia anggap wajar dalam fase hidup manusia. Orang tua sekadar melakukan tugas mereka.

Mereka berharap telah menempatkan anak-anaknya di jalan yang benar. Namun, dia merasa rutinitas itu berlalu begitu saja, kian hampa. Perempuan yang gemar melancong ini pun masih bertahan dalam kekristenan sampai usia 20-an.

Sempat ketika dia berumur 17 tahun, Cowell-Bari mencicipi Buddhisme. Dia mempelajarinya bersama beberapa teman waktu itu. Itu kali pertama dia menjajal agama lain di luar Kristen.

Rhonda melihat Buddhisme sebagai ben tuk keekstreman selain agama yang selama ini dia anut, Kristen. Jadi, dia mulai meninggalkan Kristen dan mengikuti Buddhisme. Beberapa waktu bertahan menganut ajaran Buddha, Cowell-Bari tak puas. Pada kali kedua, dia pindah lagi ke agama Hindu.

Menemukan Islam Selepas remaja, Cowell-Bari pindah ke Inggris. Selama berada di sana, dia mulai mengikuti kursus perbandingan agama. Dia menjajal semua agama yang ada. Tak terkecuali Hindu, Buddha, dan berbagai aliran kepercayaan sejenis dari India. Islam diperkenalkan pada akhir jam kursus.

Memasuki pengujung musim kursus, saat itulah kebenaran satu per satu dihadapkan ke depan matanya. “Saya punya teman asal Australia. Dia baru saja kembali dari Palestina atau Israel. Teman saya memiliki beberapa buku yang dia dapatkan di sana,” tutur Rhonda.

Salah satu bukunya berjudul The Arab Israeli Question yang membahas konflik Arab-Israel dari sisi politik. Rhonda meminjam beberapa bukunya dan mulai membaca tentang Islam.